Friday, December 9, 2011

8 Helikopter Tersangar di Dunia

Helikopter tempur pertama kali digagas oleh Jendral George Seneff dari 1st aviation Brigade pada saat perang Vietnam. Saat itu pasukan Amerika mengalami kebuntuan terhadap serangan sporadik Vietkong yang bersembunyi di tengah belantara hutan Vietnam. Jendral Seneff lalu memaparkan disain Helikopter serang pertama yaitu AH-1 Cobra yang kelak akan mendunia dan memunculkan pesaing-pesaingnya

Cara awal yang digunakan adalah memodifikasi helikopter angkut UH-1 Huey yang saat itu digunakan sebagai heli angkut menjadi heli bersenjata lengkap dengan kokpit layaknya pesawat tempur.



Berubah menjadi helikopter tempur pertama di Dunia



Dari kemunculan dan kesuksesan Huey Cobra ini, Amerika dan berbagai negara berlomba-lomba meracik helikopter serang untuk angkatan perangnya


Berikut ini 8 helikopter tersangar:

8. AH-2As Rooivalk 



Heli sangar dari Afrika Selatan ini dilengkapi kanon 20mm di Hidungnya,dapat menggotong Rudal pelumat Tank Hellfire,hingga membawa rudal udara-udara Mistral.
Dirancang menyerap radar alias stealth dan dapat menggotong persenjataan hingga 3 ton.

7. Agusta A-129 Mangusta  
  


Merupakan heli serang dari Italia, didisain sebagai platform penghancur baja Tank, heli ini dibekali senapan mesin gatling 3 laras, tabung roket, hingga 8 rudal hellfire/TOW.
Heli ini membuktikan dirinya teruji saat dikirim ke Somalia.

6. Bell AH-1W Super Cobra



Peningkatan dari heli Huey Cobra yang sebelumnya berjaya di Vietnam. Merupakan Heli serang khusus marinis Amerika Serikat, teruji hingga banyak medan perang (Irak, Bosnia, Grenada, Afganistan).
Dilengkapi senapan mesin gatling kaliber 20mm, Roket Hydra, Rudal pelumat tank Hellfire, hingga rudal udara Sidewinder.

5. Mil Mi-28 Havoc




Heli tempur nomor wahid dari Rusia ini dapat membawa 8 rudal anti-tank Spiral bersamaan dengan 10 rak roket launcher, sekali lihat gambarnya uda tau lah gimana sangarnya?

4. Eurocopter Tiger




Helikopter hasil kerja bareng Jerman dan Perancis ini memang dikenal handal dan aman ketika digunakan. Dibekali 8 rudal antitank HOT, rudal udara mistral hingga kanon GIAT 30mm.

3. Kamov Ka-52 Alligator




Milik Rusia. Merupakan helikopter saingan Mi-28 havoc. Perbedaan mencolok adalah kokpit side-by-side. Bersenjatakan rudal spiral dan kanon 30 mm.

2. BOEING AH-64D Longbow Apache





Milik Angkatan Darat Amerika Serikat. Merupakan kelas Apache tertinggi, dan paling mematikan. Mampu menggotong 16 rudal antitank hellfire dan 4 rudal udara. Jenis Apache ini mengalami peningkatan radar yang tertanam dibadannya.
Heli ini dapat memilih 12 sasaran yang paling mengancam dan meluluhlantakannya dengan mudah.

1. Bell AH-1Z Viper A.K.A Zulu Cobra




AH-1Z Zulu Cobra merupakan heli tempur marinir AS yang biasanya bertugas di Kapal Induk. Merupakan saingan terkuat Apache Longbow. Dapat menggotong persenjataan hingga 2 ton dan didukung helm fire and forget terkini. Tenaga yang dihasilkan 2 kali dari AH-1W Super Cobra  

Alangkah baiknya kalo Negeri tercinta ini punya ginian. Pasti negara tetangga gk berani macem-macem :D      

1 comment: